Metal 3D Printing | Rak Gudang Dot Net

Metal 3D Printing

Sheet Metal Fabrication
Sheet Metal Fabrication
December 11, 2014

Metal 3D Printing

Metal 3D Printing

Metal 3D Printing

Apa itu metal 3D Printing? – Pada jaman sekarang yang serba canggih ini, kemajuan teknologi memungkinkan proses pembentukan tanpa pembuatan cetakan atau dies ataupun yang sering disebut sebagai mould. Tentu saja banyak teknologi yang sudah tersedia di pasaran untuk membuat cetakan instant dalam bentuk 3 dimensi. Kebanyakan cetakan 3 dimensi dibuat dengan menggunakan resin plastik.

Kini hadir teknologi yang memungkinkan untuk membuat cetakan 3 dimensi dari besi ataupun metal. Dengan menggunakan laser sebagai pengarah dan pembentuk prototype, maka hasil yang didapat dapat menyerupai gambar CAD CAM yang diinput ke dalam komputer.

model mesin 3D Printing

Teknologi 3D Printing

Meskipun dibayangkan sejauh tahun 1970-an, teknologi fusi bubuk didasarkan pada prinsip yang relatif sederhana, sumber daya sinter atau bubuk logam meleleh untuk membuat bagian akhir, lapis demi lapis. Teknologi pencetakan 3D logam yang paling terkenal berdasarkan prinsip ini adalah Direct Metal Laser Sintering (DMLS), yang dipatenkan pada 1990-an oleh ERD dan EOS. Teknologi pencetakan 3D logam utama lainnya adalah Direct Energy Deposition (DED), mirip dengan FDM . Metode ini melibatkan konstruksi bagian logam melalui laser CLAD.

Selama proses, bubuk diproyeksikan oleh nosel, dan menyatu di outlet melalui sinar laser untuk dilas bersama. Metode ini memungkinkan untuk mencetak langsung ke bagian atau bagian, tidak seperti kebanyakan teknologi lainnya. Perusahaan seperti BeAM, Sciaky, dan Optomec menggunakan teknologi ini. Pada 1990-an, CIRTES mengembangkan metode hibrida baru yang menggabungkan permesinan dan manufaktur aditif, yang disebut stratifikasi. Ini dimulai dengan pembuatan file STL atau CAD yang diiris menjadi beberapa lapisan sebelum dukungan dimasukkan.

Setiap lapisan logam kemudian diproduksi, baik dengan penggilingan mikro, pemotongan laser, pemotongan kawat, atau proses lainnya. Lapisan kemudian dirakit untuk membentuk bagian yang sudah jadi. Penyemprotan dingin adalah proses pembuatan aditif logam lainnya, juga dikenal sebagai Semprotan Dingin. Metode ini melibatkan penggabungan serbuk logam dengan memproyeksikannya, tanpa panas, ke penyangga. Proyeksi ini menggunakan helium untuk mengamankan serbuk logam. Namun metode pencetakan 3D logam ini jarang digunakan, karena mahal karena penggunaan helium. Beberapa produsen telah mengembangkan teknologi paten mereka sendiri yang berbeda dari yang kami sebutkan di atas. Ini termasuk pencetakan 3D logam cair Vader Systems , atau teknologi Metal Injection Moulding (MIM) Pollen AM. Anda dapat menemukan semua teknologi baru di sini.

Comments are closed.

Open chat
Halo ada yang bisa kami bantu?
Halo, selamat datang di RakGudang.Net, ada yang bisa kami bantu?